RSS

Pengertian,Unsur, Ciri-ciri,Tujuan, Alat-alat Media Humas


  • Pengertian Media Humas

Media humas lupakan berbagai macam sarana penghubung yang dipergunakan seorang PR (mewakili organisasi) dengan publik internal maupun eksternal untuk membantu pencapaian tujuan.
  • Unsur-unsur Humas

1. Kegiatan perusahaan atau instansi atau organisasi
2. Menciptakan hubungan yang harmonis
3. Mendapat dukungan masyarakat
  • Ciri-ciri Humas

1. Merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi
2. Merupakan kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik.
3. Operasional humas adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan masyarakat.
4. Operasional humas adalah mencegah terjadinya rintangan baik yang timbul dari pihak organisasi maupun dari pihak masyarakat.
5. Masyarakat yang menjadi sasaran humas adalah masyarakat intern maupun ekstern.
  • Tujuan Media Humas

1. Membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran suatu produk dan jasa.
2. Menjalin komunikasi yang berkesinambungan (komunikasi 2 arah)
3. Meningkatkan kepercayaan publik
4. meningkatkan citra baik perusahaan atau organisasi
5. Untuk memperoleh publisitas seluas mungkin
6. Untuk memperoleh tempat dalam pemberitaan media (liputan, laporan,ulasan,tajuk yang wajar, objektif,dan berimbang mengenai hal-hal yang menguntungkan lembaga atau organisasi)
7. Untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan kegiatan lembaga atau organisasi
8. Untuk melengkapi data atau informasi bagi Pimpinan lembaga atau organisasi bagi keperluan pembuatan penilaian (assement) secara tepat mengenai situasi atau permasalahan yang mempengaruhi keberhasilan.
9. Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang dilandasi oleh rasa saling percaya dan menghormati.
  • Alat-alat Media Humas

1. Iklan
Perbedaan iklan sebagai alat marketing dan iklan sebagai alat tulis dapat dilihat dari pesan yang diiklankan.
Jenis-jenis iklan menurut Rihenald klasik :
A. Public relation advertising : iklan yang ditujukan kepada masyarakat dengan tujuan menjelaskan tentang suatu hal yang menyangkut pelayanan.
B. Institutional advertising : iklan yang dibuat dengan tujuan untuk memperkuat image perusahaan dan membentuk awarness (kepedulian)
C. Corporate Identity advertising : iklan yang menampilkan identitas perusahaan
D. Recruitmen advertising : iklan lowongan kerja
2. Pameran
Pameran dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan humas, baik pameran yang diadakan sendiri oleh organisasi maupun pameran yang diadakan oleh organisasi lain.
3. Media internal
Media internal merupakan suatu terbitan yang ditujukan untuk pabrik internal yang berisi tentang beberapa informasi perusahaan dan bertujuan untuk membina loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.
Contoh : 
Majalah yang memuat profil perusahaan, kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh perusahaan dan ditujukan untuk karyawan dan keluarga karyawan
4. Fotografi
Dalam humas foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi laporan, berita, iklan, maupun kepentingan arsip atau dokumen.
5. Film
Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset, dsb.
6. Pers
Bagi humas, pers merupakan media untuk memperoleh publisitas, sumber informasi dan evaluasi.

  • Jenis dan Bentuk Media Humas
Media internal
Bentuk lisan : rapat, diskusi, morning briefing
Bentuk tertulis : majalah intern atau perusahaan, surat, papan pengumuman, brosur, dan profil perusahaan
Media eksternal
Media massa
1. Media cetak : majalah, koran, tabloid, buku
2. Media elektronik : radio, televisi
Media internet atau online
Blog, WA, Facebook, Twitter, path, dll.

  • Kelebihan dan kekurangan media humas
Media cetak
Kelebihan
1. Repeatable, Dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingnya
2. Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berpikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan
1. Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebabkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
2. Tidak adanya audio, media cetak Hanya berupa tulisan yang Tentu saja tidak didengar
3. Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
4. Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
Media elektronik
Kelebihan
1. Cepat, dari segi waktu media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas
2. Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita (khusus televisi)
3. Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas
Kekurangan
1. Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.
Media Internet
Kelebihan
1. Sangat cepat
2. Adanya audio visual
3. Praktis dan fleksibel
Kekurangan
1. Tidak selalu tepat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers